WMU Peduli Kreatifitas Pemuda

Wahyu Manuma Utama [WMU]
Wahyu Manuma Utama [WMU]

Klikwarta.com - Caleg PAN untuk DPRD Kota Bengkulu Nomor Urut 6 Dapil I Kecamatan Teluk Segara, Sungai Serut dan Muara Bangkahulu Wahyu Manuma Utama [WMU] mengatakan, karya-karya hasil buah tangan generasi penerus harus didukung dan mendapatkan tempat untuk dikembangkan.

WMU mencontohkan apa yang dilakukan para anak muda Lembak saat membuat Telong-Telong Naga Kepala Tiga, yang diikutsertakan di perlombaan Festival Tabot 2018, telong-telong tersebut bahkan berhasil menjadi juara pertama.

Menurutnya hal itu harus didukung, dan sudah selayaknya kegiatan pemuda yang positif seperti itu perlu didukung dan diapresiasi, tidak hanya ketika mengikuti Festival Tabot saja. Kreativitas para pemuda itu harus terus didorong hingga melahirkan suatu wadah bersama untuk terus konsisten berkreasi, seperti mendirikan sanggar.

Namun, lanjut WMU, wadah tersebut harus dikemas sedemikian rupa, jangan sampai sudah terbentuk, tapi tidak aktif. Diperlukan proses pembinaan lebih lanjut dan dirancang program-program berkelanjutan, yang tentu saja harus mendapatkan support dari semua kalangan.

Dan WMU siap mensupprot itu sebagai bentuk apresiasinya terhadap karya anak muda melalui jalur parlemen, ketika nanti diamanahkan menjadi salah satu anggota DPRD Kota Bengkulu.

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Ikatan Pemuda Lembak Bersatu Junizar Ariyadi pada September 2018 lalu. Ia berharap ke depan akan ada semacam yayasan, lembaga atau sanggar kreativitas seni budaya yang mampu mengakomodir sisi-sisi kreativitas para pemuda.

Lebih lanjut kembali diutarakan WMU, bagaimana seharusnya para pemuda berperan memberikan kontribusi untuk bangsa, seperti menyukseskan Pemilu 2019, ikut mengawal proses demokrasi ini berlangsung baik, dengan harapan Pemilu 2019 melahirkan pemimpin-pemimpin yang juga baik. Pemuda harus mengambil peran untuk menciptakan kontestasi politik yang adem, damai dan aman.

"Pemilu 2019 adalah momentum bagi pemuda sebagai generasi penerus untuk mulai memposisikan diri sebagai agen bahkan pemimpin perubahan. Menatap masa depan dengan ide, gagasan, konsep dan karya-karya," ujar WMU. (**)

Related News