'Sport Tourism', Wadah Promosi Wisata Bengkulu

Even Bengkulu Raflesia Run 10K dan 5K
Even Bengkulu Raflesia Run 10K dan 5K

Klikwarta.com - Ragam kompetisi olahraga bertaraf nasional hingga internasional, bakal rutin digelar di Provinsi Bengkulu. Tentu saja, untuk mempromosikan potensi wisata daerah yang miliki garis pantai nan panjang serta berbagai spot wisata indah pada tiap kabupaten dan kotanya itu. Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan, Pemprov akan bekerja sama dengan pemda kabupaten dan kota serta FKPD (forum komunikasi pimpinan daerah) menjadikan 'Sport tourism' menjadi agenda rutin, sebagai rintisan menuju agenda tahun kunjungan wisata Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

"Olahraga ketika dikemas dengan baik juga bisa menjadi produk wisata, ini akan kita jadikan kegiatan rutin dengan agenda yang terjadwal. Kita akan menggandeng pihak swasta, BUMN dan BUMD sebagai sponsor," ucap Rohidin sebelum melepas ratusan pelari dalam even Bengkulu Raflesia Run 10K dan 5K, di Pantai Panjang Kota Bengkulu, Minggu (3/12).

Selain menjadi wadah promosi, lanjut Rohidin, Sport tourism yang digelar juga sebagai media kampanye gerakan masyarakat sehat dan masyarakat sadar wisata. Menurutnya, di Bengkulu bisa digelar berbagai ragam kompetisi pariwisata olahraga. Laut dan daratannya, mempunyai keunikan tersendiri, belum lagi di tiap daerahnya memiliki obyek wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

"Pengemasan kegiatan akan terus kita benahi, sehingga ragam dan temanya juga berbeda-beda dalam tiap even," ujar Rohidin.

Seperti diketahui, RUN 10K di Kota Bengkulu dalam 2017 ini merupakan kali ketiga. Pertama, pernah digelar bulan Maret lalu, kedua dihelat dinas pariwisata dalam rangkaian Festival Pesisir Pantai Panjang pada bulan November, kemudian kali ini lomba lari 10 kilometer dan 5 kilometer digelar dinas pemuda dan olahraga di tempat yang sama. Tak hanya lomba marathon, Triathlon bertaraf internasional juga pernah sukses dihelat di Bengkulu, bulan Juli lalu. (Jamal-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)

Even Bengkulu Raflesia Run 10K dan 5K
Even Bengkulu Raflesia Run 10K dan 5K
Dibaca: 4 kali

Related News