Ke Pengurus Baru FKUB, Walikota Santoso Tekankan Pentingnya Toleransi dan Kerukunan

Selasa, 13/04/2021 - 07:41
Walikota Santoso Lantik Pengurus FKUB Kota Blitar Masa Bakti 2021-2024
Walikota Santoso Lantik Pengurus FKUB Kota Blitar Masa Bakti 2021-2024

Klikwarta.com Blitar - Walikota Blitar Santoso meminta kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang baru dilantik mampu menghadirkan nuansa umat beragama di kota Blitar dengan penuh kerukunan dan tingginya nilai toleransi dari masing-masing pemeluk agama. 

Menciptakan suasana masyarakat dari berbagai latar belakang agama yang kondusif, rukun dan saling hormat menghormati menurut Santoso menjadi salah satu resep mensukseskan agenda pembangunan daerah. Apa yang menjadi hak-hak setiap umat katanya juga harus dilindungi dan difasilitasi secara maksimal. 

"Harapan saya pengurus FKUB yang baru ini mampu menterjemahkan tugas-tugas dan tanggung jawabnya bagaimana seluruh umat beragama di kota Blitar bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal, adil dan sesuai dengan agama yang dipimpin para tokoh agamanya," kata Santoso setelah melantik pengurus FKUB Kota Blitar masa bakti 2021-2024 di Balaikota Koesoemo Wicitra, kemarin Senin (13/4/2021).

Ia berpendapat, toleransi dan hadirnya fasilitas pemerintah bersama FKUB kepada setiap masyarakat beragama merupakan bukti kerja mewujudkan kerukunan yang harmonis. FKUB, dikatakannya sebagai sarana pelayanan kepentingan umat beragama.

Untuk itu, lanjut dia, pengurus-pengurus baru FKUB Kota Blitar mulai saat ini harus segera beradaptasi dengan tugas-tugas kerja yang mesti dipersiapkan. Pencermatan gejala sosial kemasyarakatan di kota Blitar dewasa kini harus dikaji demi mencegah potensi gesekan-gesekan antar umat beragama. 

"Semisal ada persoalan segera dikoordinasikan, musyawarah dan mufakat. Ini semata-mata untuk menjaga kerukunan dan kekondusifan keamanan kota Blitar," ungkapnya. (Man/ADV)

Related News