KPPN Mukomuko Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening Satuan Kerja

Selasa, 30/11/2021 - 17:19
KPPN Mukomuko Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening Satuan Kerja
KPPN Mukomuko Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening Satuan Kerja

Klikwarta.com - Tingkatkan akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening Satuan Kerja (Satker), KPPN Mukomuko laksanakan sosialisasi kepada satker mitra kerja KPPN Mukomuko pada hari Selasa 23 November 2021.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020. Namun, masih terdapat temuan berulang terkait pengelolaan kas diantaranya saldo kas terlambat atau belum disetor ke kas negara, kas tidak didukung dengan keberadaan fisik kas dan pengelolaan kas dan rekening yang tidak tertib pada beberapa kementerian/lembaga.

Dalam sambutannya kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian mengemukakan untuk menindaklanjuti temuan tersebut, Kementerian Keuangan telah menerbitkan kebijakan modernisasi pengelolaan rekening pemerintah melalui restrukturisasi rekening pengeluaran sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 183/PMK.05/2019, dan diigitalisasi untuk meminimalisasi penggunaan uang tunai melalui beberapa inovasi seperti Cash Management System (CMS), Kartu Debit, Kartu Kredit dan Digital Payment.

o

Rusli menyampaikan agar tidak lanjut atas rekomendasi BPK semakin efektif dan luas cakupannya sehingga tidak terjadi temuan berulang, KPPN Mukomuko menyelenggarakan sosialisasi tentang Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening pada hari Selasa tanggal 23 November 2021. Sosialisasi diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh seluruh satker mitra kerja KPPN Mukomuko.

Rusli menekankan agara penatausahaan kas pada akhir tahun anggaran 2021 perlu menjadi perhatian para satker agar tidak terjadi keterlambatan penyetoran sisa uang di bendahara serta percepatan implementasi pembayaran non tunai dalam pengelolaan rekening.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan materi utama mengenai reviu permasalahan rekening berdasarkan temuan BPK beserta mitigasinya, dilanjutkan dengan paparan pengelolaan kas dan pengelolaan rekening satker serta refreshment aplikasi SPRINT. Bertindak sebagai narasumber, Kepala Seksi Bank Setyo Nugroho, Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Rakan Alhayyan Ahmad Panjaitan dan Staf Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal, Jan Mikhael Parsaoran.

Related News